Perjalanan ke Bukit Batas

Pembaca setia blog Anak Pagi, semoga kalian semua dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. Di Posting kali ini saya coba menceritakan petualangan ke Gunung Bukit Batas. Sebenarnya perjalanan ini saya lakukan pada bulan Oktober lalu, namun karena kesibukan, saya baru dapat memposting perjalanan ke Bukit Batas pada bulan Desember ini.
Sekilas tentang Gunung bukit Batas
Gunung Bukit Batas adalah gunung yang cukup tinggi di sekitar waduk Riam Kanan(salah satu sumber pembakit listrik di Indonesia), dan Bukit Batas terletak di Desa Bukit Batas kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Gunung ini dikelilingi Rawa/sungai yang begitu tenang hutan lebat yang masih asri. 
Puncak Gunung Bukit Batas berada pada ketinggian… mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah pulau pulau kecil yang dikelilingi danau dapat terlihat dengan jelas. Gunung Bukit Batas dikelilingi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat rawa berair jernih. Di belakangnya terdapat pegunungan yang hampir sama dengan pemandangan di Papua(Raja empat) yang terkenal sangat indah. Keindahan panorama yang natural
dengan kekayaan flora dan fauna dapat di temui mulai dari dataran rendah hingga puncak gunung Bukit Batas, tidak hanya untuk dinikmati tetapi sangat baik untuk melakukan penelitian dan pendidikan. 

Pendakian.

Pendakian ke puncak gunung Bukit Batas melalui perjalan yang sangat bervariasi mulai dari jalan darat menggunakan taxi/kendaraan pribadi rute perjalanan yang di lalui; Dari bandara Syamsudin Noor-jalan A.Yani menuju Simpang 4 Banjarbaru kemudian ambil kearah Sungai Ulin naik taksi/kendaraan pribadi sampai pelabuhan Riam Kanan di Desa Tiwingan Lama kecamatan Aranio memakan waktu sekitar 45 menit, dan dari pelabuhan Riam Kanan menuju Pinus 2 dengan menggunakan kelotok(kapal air) memakan waktu 30 menit, selanjutnya dari pinus 2 para pendaki harus berjalan kaki sampai keperkampungan warga dengan perjalanan sekitar 20 menit, sampai perkampungan, para pendaki diwajibkan melapor kepada petugas/RT setempat untuk meminta izin pendakian. Disitu pengunjung bisa juga istirahat untuk melepas penat karna perjalanan yang cukup melelahkan.
Kemudian dari perkampungan menuju puncak memakan waktu sekitar 1½ jam.dalam perjalan kita banyak menemukan dan melihat pemandangan yang sangat memukau, Batu-batu besar yang terukir alami menghiasi perjalan dan pohon rindang seakan menyambut kita dengan lambayan daun yang tertiup angin. Akhirnya barulah sampai ke puncak Bukit Batas, lihat penampakan dari puncak Bukit Batas.

Ucapan Terimakasih Anak Pagi kepada : (1).Kawan yang memberi tau tempat Puncak Bukit Batas, (2).kepada Paman sopir Kelotok yang telah mengantar kami ke Bukit Batas, (3).Pak RT Desa Bukit Batas yang telah Mengijinkan Kami Mendaki dimalam hari, (4).Warga Desa Bukit Batas yang telah menyambut kami dengan ramah tamah dan menunjukan tempat untuk kami solat yaitu dimesjid desa Bukit Batas.
Spesial terimakasih untuk sahabat dekat: (1). Muhammad Ruslan atas dukungan serta suportnya (2). Jainal Arifin alias Ifien Ceria) atas segala foto-fotonya. (3).Muzakir(achmad Zeck) atas dukungannya, dan kepada kawan-kawan yang tidak disebutkan satu persatu sekali lagi Anak Pagi mengucapkan terimaksih atas segala bantuan kalian semua TTD: Ahmad Faisal (087815830538)
Tag : Berita
4 Komentar untuk "Perjalanan ke Bukit Batas"

jaka d sambati thank to nya.. gasan kawanan..

Owh...Mimin Lupa Tanks bang ifin sudah mengingatkan saya.
Bentar lagii di edit postnya untuk ucapan specialnya...

Sewa kapalnya bolak balik berpa broo? Misalnya tulak sabtu, hndak bulikan minggu kawa lah yu? Thanks, bagus artikelnya...

Sewa kapalnya bolak balik berpa broo? Misalnya tulak sabtu, hndak bulikan minggu kawa lah yu? Thanks, bagus artikelnya...

Back To Top