Mahasiswa mempertanggung jawabkan perbuatanya dan berujung di meja sidang

Sebagai mahasiswa yang berkemampuan akademik sudah seharusnya mereka belajar bertanggung jawab sepenuhnya atas perbuatan yang mereka lakukan baik atau tidak baik.
Mahasiswa sejati dapat dinilai dari sudut pandang bagaimana mereka menghadapi masalah atau bagaimana mereka menyelesaikan masalah itu sendiri, bisa juga pada kedewasaan mereka dalam berpikir. Dalam dunia perkuliahan akan selalu ada yang namanya sidang , sidang ini akan dilakukan kepada semua mahasiswa diakhir-akhir tugas perkuliahan. Artinya semua mahasiswa pasti akan disidang tanpa terkecuali” yang jadi pertanyaan sekarang “apakah mahasiswa yang disidang itu salah ??”... Jawabannya “Tentu tidak” karena sidang yang dimaksud disini bukan seperti sidang yang dilakukan oleh para Hakim dalam mengadili para karuptor yang sudah merajalela di muka bumi” idieeh.. admin sudah kaya politikus aja…hihi’
Yang dimaksud sidang disini adalah ujian skripsi atau sidang skripsi…Hmmm Sidang skripsi merupakan penilaian terhadap kemampuan akademik mahasiswa dalam mempertanggung jawabkan skripsi yang ditulisnya”hmm….jika sebelumnya dalam pikiran anda sidang yang dimaksud adalah sidang yang sama seperti yang dilakukan hakim kepada pelaku korupsi,maka buang saja pikiran anda" hee", seandainya sidang seperti itu mungkin semua orang tidak akan mau menjadi mahasiswa, karena dalam putusan sidang biasanya akan berakhir dengan pidana “bukan begitukah?..hmm
Daripada anda berpikiran yang bukan-bukan tentang sidang skripsi, mari kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana sidang skripsi itu dilakukan dan apa saja yang harus mahasiswa lakukan didalam arena sidang..!!hihi
Sidang skripsi akan dilakukan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan skripsinya dan telah disetujui oleh 2 orang pembimbing dan ketua jurusan, yang masing-masing memberi tanda tangan diatas surat persetujuan yang sudah dibuat sebelumnya.
Dalam sidang skripsi mahasiswa akan berhadapan dengan 3 orang penguji/dosen dan 1 orang notulen/asisten yang telah ditentukan oleh pihak akademik sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan.
Sidang skripsi biasanya dilakukan kepada mahasiswa dengan durasi waktu kurang lebih 50 sampai 60 menit perorangnya..”jadi bagi mahasiswa yang mau mengikuti sidang skripsi, siapkan saja alat tempur anda dengan sebaik-baiknya sebelum melangkah kemeja sidang yang sering membuat mahasiswa gemetar dan panas dingin.
Admin bukan menakut-nakuti,, tapi inilah yang terjadi…hihii’
Owh ya” admin lupa, 3 orang penguji itu bertugas untuk memberikan beberapa pertanyaan ilmiah disertai argumennya terhadap mahasiswa yang sedang diuji, jadi bagi mahasiswa yang bersangkutan sudah seharusnya menjawab dengan argumentasi yang ilmiah juga atau dari buku.
“jika tidak” anda akan tau sendiri akibatnya….xixixixi
Jika macam tuuu…
Apa yang sebaiknya mahasiswa lakukan??..apakah harus menghapal semua tulisan dalam skripsi?”
atau juga melarikan diri? Hehee”
Itu sangat lucu dan tidak mungkin...
Karena jika satu skripsi jumlah halamannya 50 lembar saja, apakah anda mampu menghapal semua isinya?
Kalau anda dapat menghapal semua skripsi anda”
Saya beri aplos yang meriah buat anda dan juga saya kasih empat jempol sekaligus...!! "mau kasih duit juga tidak bisa karena admin sendiri belum bekerja… hihi
Jika sidang skripsi dilakukan seperti itu maka yang harus anda lakukan adalah membawa referensi/buku(sebanyak-banyaknya) yang dapat anda jadikan argument yang kuat, tanpa melupakan teori dalam skripsi anda ,dengan banyak membawa buku maka anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan dari penguji anda dan juga akan menjadi nilai tambah buat anda(semakin banyak buku yang dibawa semakin bagus penilaian yang diberikan). tetapi"
Kalau dalam skripsi anda sangat banyak referensinya apakah harus dibawa semua referensi/buku yang telah dikutip dalam skripsi?”Tentu tidak” Anda cukup membawa buku yang dirasa sangat penting dan mengandung keyword atau kata kunci dalam judul anda.
Contoh: jika judul anda tentang “Pembelajaran” maka yang harus anda bawa buku yang membahas atau berhubungan dengan pembelajaran juga, atau bisa juga ditambah dengan buku-buku yang mendukung dengan judul anda.
Dosen penguji merupakan orang yang berpengalaman dalam menguji" yaialahhh “semua penguji akan dapat melihat keyword pada setiap skripsi yang ditulis oleh mahasiswa, hanya dengan melihat judul saja meraka akan menemukan berbagai keyword yang akan dijadikan pertanyaan dan akan dihadiahkan untuk mahasiswa....
Dari 1 keyword yang mereka dapatkan, dari situlah mereka memulai mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan kepada mahasiswa yang diuji. “Lalu Bagaimana caranya mereka mengetahui keyword tersebut ?” Apakah mereka punya indera keenam?..” saya juga bingung
"hmm”
Sebaiknya anda tidak terlalu memikirkan bagaiman mereka menguji anda atau darimana mereka tau keyword yang telah tercantum dalam skripsi anda.
Yang harus anda lakukan cukup mempelajari dan memahami isi skripsi anda, paling tidak rajin-rajinlah membaca.
Jika keyword dalam skripsi akan dijadikan pertanyaan oleh penguji maka yang harus anda pelajari tentu saja keyword dalam skripsi anda.’ Begitukah?...
Lalu bagaimana mencari keyword/kata kunci dalam skripsi? Anda sudah pasti mengetahuinya karena anda penulisnya. Bagaimana jika tidak?
Saya akan bahas tentang keyword yang dijadikan pertanyaan oleh penguji dalam sidang skripsi pada artikel selanjutnya yang berjudul “10 pertanyaan yang paling sering keluar dari penguji dalam sidang skripsi” 
Buat anda yang belum mengejakan skripsi sempatkanlah juga untuk berkunjung kesini
Tag : Skripsi
2 Komentar untuk "Mahasiswa mempertanggung jawabkan perbuatanya dan berujung di meja sidang"

ini nihh yg gw cr makasih admin herhhee

judulnya menakutkan,,, dikirain disidang di pengadilan pa'... god2

Back To Top