Penelitian Literatur

Assalamualaikum jumpa bersama Anak pagi di kesempatan kali ini. kita akan membahas bagaimanakah penelitian literatur dan langkah apa saja yang harus dilakukan dalam penelitian tersebut. baiklah langsung saja  kita ketahap pengertian;
Pengertian Penelitian Literatur merupakan kegiatan yang panjang, dan merupakan usaha pendalaman ilmu pengetahuan. Kegiatan penelitian secara umum dilakukan bermula berangkat dari suatu ilmu pengetahuan yang sudah ada.
Di dalam mendapatkan masalah penelitian, seorang peneliti dituntut melakuak kegiatan mencari dan menemukan masalah penelitian yang diyakini bahwa apa yang akan diteliti merupakan masalah yang “up to date” bukan masalah yang “out of date” atau masalah tersebut belum pernah diteliti atau dipecahkan oleh peneliti lain (duplikasi dalam penelitian).
Untuk memperoleh berbagai teori, konsep, variable, hubungan variable serta data-data sekunder sebagai langkah awal kegiatan penelitian, hanya akan diperoleh melalui usaha atau kegiatan membaca, mencermati, mengenali, dan membahas bahan bacaan (pustaka), tanpa harus turun kelapangan seperti yang dilakukan dalam penelitian lapangan
dan tidak dilakukan juga seperti halnya penelitia tindakan kelas.

Bahan pustaka merupakan sumber dan “gudang” ilmu pengetahun baik berupa teori, konsep, variable, hubungan variable maupun kenyataan hasil penelitian yang sudah ddilakukan peneliti lainnya.
Kegiatan membaca, mencermati, mengenali, dan mengurai hingga menganalisa bahan bacaan (pustaka/teks), inilah yang disebut dengan studi teks/pustaka. Dengan demikia peneliti memang harus “akrab” dengan bahan bacaan agar diperoleh bahan referensi pelaksanaan penelitian secara lengkap.

Secara tegas pula Mestika Zed berargumen, bahwa riset pustaka tidak hannya sekedar urusan membaca dan mencatat literatur atau buku-buku sebagaimana yang sering dipahami banyak orang selama ini. apa yang disebut dengan riset pustaka atau teks ini ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Jadi tema pembahasan kita saat ini bukan bermaksud untuk mengajarkan bagaimana seorang menjadi ahli perpustakaan, melainkan untuk memperkenalkan penelitian kepustakaan (literatur) secara garis besar.
Tag : Skripsi
0 Komentar untuk "Penelitian Literatur"

Back To Top