Contoh Skripsi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1

Assalamualaikum wr. wb. Pada kesempatan malam ini anak pagi kembali berbagi contoh skripsi PAI,yang berjudul Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1, sebelumnya anak pagi berbagi contoh skripsi yang berjudul Implikasi kepala sekolah yang telah diterima akademik.

A.    Latar Belakang

Perkembangan dalam dunia pendidikan saat ini sudah semakin pesat seiring dengan berkembangnya globalisasi di setiap lini kehidupan, yang memaksa untuk menjadi lebih berkembang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Perkembangan gloabalisasi saat ini sangat dituntut khususnya dalam dunia pendidikan, karena saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi sebuah tolak ukur kesuksesan seorang pendidik.
Beberapa tantangan globalisasi yang harus disikapi guru dengan mengedepankan profesionalisme sebagai berikut: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat dan mendasar. Hal ini sebenarnya telah disinggung kitab suci al-Quran surah Yunus ayat 101 yang berbunyi:

Dengan kondisi ini guru harus bisa menyesuaikan diri dengan responsif, arif, dan bijaksana. Responsif artinya guru harus bisa menguasai dengan baik produk iptek, terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Tanpa penguasaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)  yang baik, maka guru akan tertinggal dan menjadi korban iptek serta menjadi guru yang hanya bisa begitu saja.
Perkembangan globalisasi saat ini yang menjadi perhatian utama khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasa kita dengar dengan istilah ICT. Saat ini sistem pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan dengan tujuan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang lebih berkualitas.
Berdasarkan tujuan tersebut, perlu dirancang dan dikembangkan suatu sistem kurikulum yang tepat. Kurikulum dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dewasa ini sedang berkembang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penerapan TIK/ICT memiliki keunggulan tersedianya informasi secara luas, cepat, dan tepat, adanya kemudahan dalam proses pembelajaran dan dukungan teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar.
Para guru secara luas meyakini bahwa teknologi komunikasi dan informasi (ICT) dapat digunakan untuk meningkatkan kreatifitas. Mereka lebih yakin akan kegunaan dari apa yang saat ini dianggap sebagai teknologi tradisional seperti computer, internet, perangakat lunak pendidikan. Daripada dengan teknologi yang dipandang baru yang lebih inovatif dan interaktif seperti jejaring sosial, menulis blog, permainan digital, telpon gengam.
Demi mempersiapkan pembelajaran berbasis ICT para guru telebih dahulu harus menguasai beberapa aplikasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan pembelajaran yang dapat dikembangkan antara lain : Pembelajaran Berbasis Komputer, E – Learning, Pembelajaran berbasis web, Penilaian berbasis TIK, Perpustakaan online. Adanya pembelajaran berbasis computer maka juga akan memudahkan pengajar untuk bisa memberikan bahan ajar yang update (terbaru) sehingga pelajaran yang diberikan bersifat relevan. Sedangkan untuk E- Learning maka akan memudahkan siswa dan pengajar karena bisa langsung mengakses buku dan bahan ajar tanpa harus membeli buku tersebut.
Kesuksesan seorang pendidik dimulai dari kesiapan mereka dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Karena selain kemampuan dalam penguasaan materi, kesiapan dalam mengajar sebagai faktor pendukung untuk dapat menjadikan sebuah pemahaman yang baik kepada siswa.
Kemunculan pembelajaran berbasisi ICT juga merupakan bentuk jawaban dari lembaga pendidikan untuk menjawab tantangan jaman yang semakin maju dan berkembang tanpa bisa dibendung. Dari sinilah perkembangan proses pembelajaran di sekolah-sekolah dengan menggunakan pengintegrasian teknologi yaitu ICT dalam dunia pendidikan.
Kenyataannya dalam beberapa kasus bentuk kemajuan ini hanya terbatas pada sekolah-sekolah maju seperti sekolah yang bertarap Internasional atau sekolah unggulan yang berada didaerah perkotaan.Keterbatasan pencapaian tujuan dari system pembelajaran berbasis ICT ini karena kurangnya kesiapan para pendidik dalam kegiatan proses pembelajaran khususnya bagi para pendidik yang  memang tidak mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang teknologi yang seharusnya hal itu adalah hal utama untuk bisa menerapkan system pembelajaran berbasis ICT tersebut.
Keadaan tersebut cukup tercermin dari beberapa sekolah yang keberadaannya cukup jauh dari daerah perkotaan, sehingga memungkinkan akses informasi teknologi kurang diperhatikan baik dari pendidik maupun siswa. Salah satu sekolah yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sekolah SMP Negeri 1 Karang Intan.
Dalam proses pembelajarannya para pendidik lebih banyak menggunakan sistem pembelajaran manual dibandingkan dengan system pembelajaran berbasis teknologi. Perbandingannya berkisar antara 1 : 10. Hal tersebut menjadi satu permasalahan yang harus menjadi perhatian utama agar proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah tersebut menjadi lebih baik dan menjadikan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Untuk mencapai semua tujuan di atas,  maka saya memutuskan untuk melakukan penelitian dengan judul: “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technologies(ICT)  di SMP Negeri 1 ”.

B.    Penegasan Judul

Untuk memberikan kejelasan terhadap penelitian, maka perlu kiranya untuk memberikan penegasan judul yang penulis teliti:
  1. Kompetensi secara harfiyah diartikan sebagai kemampuan atau kapabilitas.  Kewenangan atau kewajiban bagi setiap pengajar dan pendidik agar apa yang disampaikan kepada para siswa dapat mencapai tujuan dalam keprofesionalan guru.
  2. Pembelajaran adalah suatu konsepsi dari dua dimensi kegiatan(belajar dan mengajar) yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, serta diarah pada pencapaian tujuan atau penguasaan sejumlah kompetensi dan indikatornya sebagai gambaran hasil belajar.
  3. Information and Communication Technologies(ICT)  atau dalam istilah bahasa Indonesia ialah informasi dan komunikasi teknologi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Dari beberapa uraian di atas, maka penulis termotivasi untuk melakukan penelitian terkait kompetensi/kemampuan guru menggunakan  teknologi informasi dalam pembelajaran di kelas. Salah satu uraian di atas, maka sudah  ditegaskan bahwa teknologi informasi sangat penting dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu dalam penelitian ini  penulis akan mengetahui seberapa besar  kompetensi guru dalam menggunakan teknologi khususnya di SMP Negeri 1 . 

C.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, dan dengan melihat permasalan yang dapat diteliti maka penulis merasa perlu untuk merumuskan permasalahn pokok dalam dalam penelitian:
  1. Apa saja yang harus dikuasai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1  sebelum malaksanakan pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT)?
  2. Bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1  dalam pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT)?
D.    Alasan Memelih Judul

Adapun yang menjadi alasan penulis dalam memilih judul di atas, didasari alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Profesi apapun yang kita jalankan atau perankan, selalu menuntut kita untuk meningkatkan kompetensi diri. Tidak terkecuali “profesi” sebagai guru. Anggapan yang berlaku di masyarakat, guru adalah sosok yang pintar, berilmu dan berwibawa. Anggapan yang sudah “terlanjur” diterima secara umum itu agaknya harus dibuktikan kebenarannya oleh semua guru.
  2. Perkembangan globalisasi dalam dunia pendidikan pada saat ini yang semakin hari semakin maju para guru dituntut untuk lebih berinovasi dan mempunyai kemampuan,keterampilan  khususnya dibidang teknologi atau ICT.
E.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah:
  1. Untuk mengetahui apa saja yang harus dikuasai guru pendidikan agama Islam(PAI) di SMP Negeri 1  sebelum malaksanakan pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT)
  2. Untuk mengetahui bagaimanakah kompetensi guru pendidikan agama Islam(PAI)  di SMP Negeri 1  dalam pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT).
F.    Signifikansi Penelitian

Penulis mengharapkan penelitian ini berguna untuk:
  1. Bagi guru pendidikan agama Islam (PAI)  sekolah SMP Negeri 1 , kiranya hasil penelitian ini bisa menjadi acuan untuk bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru khususnya dalam bidang teknologi.
  2. Untuk para guru, kiranya penelitian ini bisa dijadikan sebagai motivasi untuk bisa menjadi guru professional yang menguasai teknologi demi tercapainya tujuan pembelajaran.
  3. Penelitian ini kiranya dapat menambah khazanah perpustakaan STAI Darussalam Martapura
G.    Sitematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam skripsi ini secara garis besar dibagi dalam lima bab, yaitu:
Bab I Pendahuluan yang  berisi tentang latar  belakang  masalah, definisi operasional, rumusan masalah, alasan memilih judul, tujuan penelitian, signifikansi penelitian, dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan teori, terdiri dari pengertian kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, pembelajaran berbasis Information and Communication Technologi (ICT).
Bab III Metode penelitian, yang meliputi jenis penelitian, subjek dan objek penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data, teknik analisa dan prosedur penelitian.
Bab IV Laporan hasil penelitian, yang terdiri dari penyajian data dan analisis data, berisi tentang gambaran umum lokasi penelitian, penyajian data dan analisis data.
Bab V Penutup, yang terdiri dari kesimpulan dan saran-saran.

BAB II
Tag : Skripsi
0 Komentar untuk "Contoh Skripsi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 "

Back To Top