Lika liku menjadi mahasiswa

Artikel kali ini akan membahas tentang Lika liku menjadi seorang mahasiswa. Tentunya sebagai seorang mahasiswa, pastinya memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Nah, tanpa basa-basi lagi langsung saja dibaca.

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal mudah. Sebagai mahasiswa baru kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, agar tidak tertinggal dengan teman-teman sekelas. Mahasiswa juga dituntut untuk memiliki IPK (indeks prestasi mahasiswa) yang tinggi, ya minimal diatas 2,5 itu sudah lumayan. Tapi kalau buat melamar kerja di kantoran, IPK seperti itu susah sekali diterimanya. Jadi tips agar diterima di kantoran minimal IPK kalian harus wajib cumloude ha..ha.. Apa lagi kalian mahasiswa sistem bantuan pemerintah dan bidik misi, kalian dituntut untuk selalu berusaha mendapat IPK diatas minimal sesuai kesepakatan sebelumnya.

Ormawa (organisasi mahasiswa). Menjadi salah seorang pengurus organisasi, kalian dituntut pandai membagi waktu antara pelajaran di kelas dan pelajaran di luar kelas. Kalau kalian tidak pandai membagi waktu diantara kedua itu, bisa dipastikan salah satu ada yang gagal dan salah satu ada yang berhasil. Tapi bisa jadi, dua-duanya gagal. Disisi lain, menjadi pengurus organisasi mahasiswa menjadi nilai plus bila kalian mau mengajukan beasiswa. Semakin nilai IPK dan jabatan kepengurusan kalian tinggi, semakin besar kesempatan kalian untuk mendapatkan beasiswa dibandingkan mereka yang tidak menjadi apa-apa.

Bagi mahasiswa yang kost, ada rasa enak dan tidak enaknya ngekost. Enaknya ngekost, kalian bisa bebas berekspresi tanpa harus ada peraturan orang tua. Mau pulang malam, bisa. Mau bawa pacar, bisa. Mau nyetel musik keras-keras, bisa. Atau mau tidur seharian, juga bisa. Tapi, peraturan kost tetap harus dipatuhi sebelum melakukan kebebasan-kebebasan diatas. Kalau tidak enaknya ngekost, ada juga. Kalian dituntut mandiri. Makan cari sendiri. Lagi kangen orang tua juga harus bisa menahan diri. Cuci baju juga sendiri, apalagi kalian yang dirumah tidak pernah cuci baju, nah di kost kalian akan belajar mencuci baju sendiri. Tapi tenang saja, sekarang jasa laundry sudah banyak di buka. Jadi tidak perlu kuatir kalau kalian tidak mau tangannya jadi kasar atau gatal-gatal.

Dalam hal pembiayaan masa kuliah, seorang mahasiswa dituntut harus pintar-pintar menggunakan uang yang kalian punya. Apalagi kalian yang ngekost. Biaya tidak hanya untuk saat kuliah saja, tapi biaya hidup kalian juga harus diperhatikan. Jangan sampai minggu pertama kalian makan pizza, burger, pasta, steak, nah pas akhir bulan kalian hanya makan nasi berlaukkan nasi. Maka itu pilih teman yang standar, makannya juga standar, main juga standar, apa-apa serba standar. Jangan sampai menyiksa diri sendiri...
Tag : be yourself
0 Komentar untuk "Lika liku menjadi mahasiswa"

Back To Top